PENINGKATAN SIKAP ILMIAH, KETRAMPILAN PSIKOMOTORIK DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MAHASISWA MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN

  • M. Kusasi, Yudha Irhasyuarna, Maya Istyadji
  • Muhammadkusasi 64@gmail.com
  • Dosen  Pendidikan Kimia, FKIP, ULM

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model  Guided Inquiry pada pembelajaran kesetimbangan perkuliahan kimia dasar satu yang bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan sikap  ilmiah mahasiswa,(2) peningkatan ketrampilan psikomotorik (3) peningkatan hasil belajar aspek kognitif mahasiswa, dan (4) respon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Classroom Action Research dengan 2 siklus yang terdiri dari tahap planning (perencanaan), Acting (pelaksanaan tindakan), observing (pengamatan), analition  dan reflecting (analisis dan refleksi). Setting penelitian adalah mahasiswa program studi IPA semester genap yang mengambil mata kuliah kimia dasar satu tahun ajaran 2016/2017 Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan  Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang  berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi (1) sikap ilmiah mahasiswa dari kategori cukup menjadi sangat baik, (2) ketrampilan psikomotorik mahasiswa dari kategori cukup terampil menjadi terampil (3) hasil belajar aspek kognitif dari 21,431% menjadi 78,570%, (4) respon mahasiswa positif pada pembelajaran  kesetimbangan perkuliahan kimia dasar satu melalui model guided inquiry.

Kata Kunci: sikap ilmiah, ketrampilan psikomotorik, guided inquiry.

Download Full Paper Klik di sini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.