PENGGUNAAN METODE SKAMPER DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP

  • Khairunnisa
  • ¬†cahayaicha@gmail.com

 

Abstrak

Proses pembelajaran IPA yang selama ini menekankan kepada kumpulan pengetahuan, konsep dan prinsip menjadikan siswa hanya memelajari IPA sebagai produk. Siswa tidak mampu memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep IPA. Kegiatan pembelajaran yang hanya menekankan kepada pengetahuan hapalan menjadikan siswa tidak mampu berpikir reflektif, evaluasi kritis, serta cara pikir yang berdayaguna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Paringin pada kelas VIII yang terdiri 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dan dianalisis secara kualitatif berdasarkan analisis deskriptif peningkatan dari siklus satu ke siklus dua. Implementasi metode skamper melalui penelitian tindakan kelas menunjukan rerata peningkatan dari siklus 1 yaitu sebesar 52,20% menjadi 76,37% di siklus 2 pada materi perubahan energi.

 

Kata Kunci: Skamper, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Download Full Paper Klik di sini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.