PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Mumtazah Maulida
  • mumtazah_maulida@yahoo.com
  • Mahasiswa Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, ULM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pengembangan perangkat dilakukan berdasarkan model penelitian pengembangan Tessmer sehingga menghasilkan prototype yang diujikan hingga tahap uji lapangan. Kelayakan perangkat pembelajaran dinyatakan dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan perangkat pembelajaran ditentukan dari hasil validasi oleh pakar dan hasil uji coba perorangan. Kepraktisan ditentukan dari keterlaksanaan RPP. Keefektifan ditentukan dari kemampuan peserta didik dalam melaksanakan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil penilaian pakar dan uji perorangan, (2) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian keterlaksanaan RPP mencapai skor 3,5, dan (3) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan kemampuan peserta didik melaksanakan LKPD. Berdasarkan hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis

Download Full Paper Klik di sini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.