PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MTSN 1 TABALONG PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN

  • Hidayati Norrizqa1*, M. Muslim 2
  • norrizqah@ gmail.com , muslim.science.edu@ulm.ac.id
  • Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Pascasrjana ULM

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi organisasi kehidupan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTsN 1 Tabalong Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dari siklus I ke sikus II secara umum sudah meningkat dan berada pada kategori baik. Aktivitas guru mengalami penurunan dominansi yang berarti kemampuan siswa untuk bekerja secara mandiri menjadi meningkat. Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dan sudah mencapai indikator keberhasilan dengan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 85,7% hasil belajar proses (LKS) dan psikomotor berada pada kategori sangat baik, perilaku berkarakter berada pada kategori sudah sangat baik, dan  keterampilan sosial berada pada kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran model inkuiri terbimbing menunjukkan respon positif. Aktivitas guru mengalami penurunan dominansi yang berarti kemampuan siswa untuk bekerja secara mandiri menjadi meningkat dan respon guru tehadap pembelajaran menunjukkan respon positif.

Kata kunci: Kinerja siswa, prestasi belajar, model konstruktivis.

Download Full Paper Klik di sini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.