MODEL GUIIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNTIF PADA PELAJARAN KOLOID

  • Zainal Ilmi1*, Arif Sholahuddin2, H. Muhammad Kusasi2
  • zainalilmi063@yahoo.com
  • Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Kimia¬†PMIPA, FKIP,, ULM
  • Dosen Prodi Pendidikan Kimia, PMIPA, FKIP, ULM

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model guided discovery learning (GDL) pada pembelajaran koloid di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan agar dapat (1) meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan (2) meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini juga menganalisis mengenai aktivitas guru, observasi keterampilan proses sains, dan kendala yang dialami siswa sewaktu penerapan model GDL. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus kegiatan pembelajaran di mulai dari tahap pertama adalah perencanaan (planning), tahap kedua adalah pelaksanaan tindakan (action) dari pembelajaran yang telah direncanakan, tahap ketiga adalah observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan dari tindakan yang dilakukan dan tahap terakhir adalah analisis dan refleksi (Schon, 1987). Pada penelitian ini menunjukkan aktivitas guru meningkat secara berkala menjadi lebih baik membuat peningkatan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 59,61% dengan kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 76,54% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat, pada siklus I sebesar 53,85%, dengan kategori rendah pada siklus I meningkat menjadi 92,31% pada siklus II dengan kategori tinggi. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sekolah adalah 75. Kendala siswa pada penerapan model ini tidak terlalu berarti sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Kata kunci: Keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, model guided discovery learning, kimia koloid.

Download Full Paper Klik di sini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.