MENGUBAH SUMBER DAYA ALAM MENJADI KARYA AKADEMIK BERNILAI EKONOMI TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN IPA

  • Arif Sholahuddin1, Ikhwan Khairu Sadiqin2*
  • ksikhwan@gmail.com    
  • Program Studi Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat

Abstrak

Ritme abad 21 mendesak pola hidup masyarakat memiliki daya saing perdagangan. Berbagai hasil riset mengisyaratkan bahwa nilai jual komoditi Indonesia masih belum membanggakan. Penyebabnya adalah masyarakat Indonesia belum mandiri dalam mengubah bahan mentah menjadi produk bernilai jual lebih tinggi. Ranah pendidikan yang berperan sebagai sarana utama pengembangan sumber daya manusia harus membekali peserta didik dengan life skill (keterampilan kecakapan hidup). Life skill diperlukan sebagai modal agar siswa mampu mengubah sumber daya alam mentah menjadi bahan setengah jadi atau produk siap jual. Pembelajaran dengan melatihkan life skill dapat mudah diterapkan pada pelajaran IPA karena berisi konten dasar-dasar pengembangan sumber daya alam. Pembelajaran berbasis proyek merupakan startegi konkrit sebagai upaya memberikan bekal life skill bagi peserta didik dalam membuat karya akademik. Dampaknya siswa memiliki pengalaman untuk mengubah bahan mentah menjadi karya akademik bernilai ekonomi tinggi.

Kata Kunci: sumber daya alam, bioteknologi, life skill, karya akademik, pembelajaran berbasis proyek

Download Full Paper Klik di sini

 

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.