Sosialisasi dan Koordinasi Mahasiswa PPL di Sekolah

Matakuliah praktek pengajaran IPA (PPL) merupakan matakuliah tingkat lanjut, tepatnya pada semester 7  yang ada di Program Studi Pendidikan IPA.  Matakuliah ini bertujuan untuk memupuk pengalaman pengajaran secara langsung di sekolah. Sehingga dari pengalaman ini mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran secara baik.

Pada dasarnya mahasiswa yang akan melaksanakan PPL di sekolah belum pernah mendapatkan pengalaman pengajaran secara real.  Sehingga mahasiswa masih memiliki berbagai masalah dalam menjalankan kegiatan PPL di sekolah. Untuk itulah diperlukan kegiatan sosisalisasi dan koordinasi PPL di sekolah kepada mahasiswa.

Pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18  september 2018 kemarin juga mengundang guru-guru mitra di sekolah yang menjadi tujuan magang bagi mahasiswa PPL. Para guru menilai bahwa sebagian besar mahasiswa masih belum memahami etika di sekolah, dimana mahasiwa kadang berpakaian yang kurang pantas dan juga mahasiswa masih belum bisa mengkondisikan diri sebagaimana seorang guru yang profesional. Kendala lain yang di dapat yaitu pada saat pelaksanaan pembelajaran mahasiswa tidak membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan tuntutan dari pihak sekolah. Terakhir mahasiswa masih belum mampu menyesuaikan kondisi pembelajaran sesuai dengan kondisi di sekolah.

Dari tanggapan para guru tersebut sebagai ketua Prodi Dr. Arif Sholahuddin, memberikan tanggapan dimana para mahasiswa di minta untuk mematuhi segala peraturan yang ada di sekolah, menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan membina hubungan baik dengan pihak sekolah. Selain itu secara teknis Dr. Arif juga meminta mahasiswa untuk membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan kondisi sekolah serta mengkonsultasikan perangkat tersebut kepada guru dan dosen pamong sebelum melaksanakan pelatihan pengajaran kepada siswa di sekolah.

Dengan hasil kesepakatan ini di harapakan mahasiswa mampu untuk menjalani kegiatan praktek tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan.

By Rasia

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.