REHABILITASI BEKANTAN

Pada tanggal 24 April 2017 Program Studi Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat kembali lagi mengadakan kegiatan Eyes Of Science Education (EOS) sekaligus memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 12.00 s/d 15.00 Wita di tempat rehabilitasi bekantan Jl. Sungai Miai, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sama seperti kegiatan sebelumnya yang berhubungan dengan bekantan, ditempat rehabilitasi ini para mahasiswa/i dan dosen Program Studi Pendidikan IPA yang didampingi oleh Sahabat Bekantan Indonesia, melakukan kegiatan lanjutan yaitu observasi bekantan dalam bentuk pengenalan terhadap satwa langka tersebut.

Kegiatan yang kami lakukan yaitu mengenal bekantan dan hewan lain seperti uwa-uwa, kura-kura, dan sebagainya yang diamankan ditempat rehabilitasi ini sebelum dikembalikan ke alam. Bekantan yang di rehabilitasi merupakan bekantan yang memiliki tingkat agresif dan stress tinggi. Di rehabilitasi inilah bekantan disembuhkan dan diberikan kasih sayang sehingga bekantan dapat kembali ke sifat awalnya dan dapat berbaur dengan lingkungannya.

Setelah kami berkeliling dan mengenal satu demi satu nama bekantan yang berada di rehabilitasi ini, selanjutnya kami diajak untuk memberi makan bekantan dan melakukan pengecekkan bekantan mulai dari pengukuran dan perkembangannya. Sebelum melakukan pengecekakn bekantan, bekantan dibius terlebih dahulu agar dapat lebih mudah dalam pengukuran tubuhnya. Pada kesempatan kali ini, bekantan yang menjadi sample untuk dicek perkembangan dan pertumbuhannya yaitu bekantan yang bernama Chiro. Bekantan Chiro dicek perkembangan dan pertumbuhannya dari berat badan, panjang kaki dan panjang tangan.

Setelah selesai melakukan pengecekkan dan mengambil data, kami melakukan sharing dan diskusi ringan tentang konservasi bekantan dan rehabilitasi bekantan. Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan sesi poto bersama untuk kepentingan dokumentasi.

Selamatkan bekantan dari kepunahan !!!

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.