SELAMATKAN BEKANTAN SELAMATKAN BUMI

Pada tanggal 24 April 2017 kembali lagi Program Studi Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan kegiatan rutin yaitu Eyes Of Science Education (EOS) sekaligus memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2017. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 s/d 11.30 Wita di Pulau Bakut, Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa/i dan dosen Program Studi Pendidikan IPA.

Dalam rangka memperingati hari bumi, kegiatan ini diisi dengan penanaman Pohon Rambai sebagai bentuk pelestarian bekantan. Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Bekantan merupakan hewan endemik Kalimantan.

Hasil gambar untuk bekantan adalah

Gambar 1. Nasalis larvatus

Pada kegiatan EOS kali ini dibuka oleh Andreyannor selaku ketua pelaksana kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Program Studi Pendidikan IPA yaitu Bapa Arif Sholahuddin, M.Si dan pemberian pengarahan oleh narasumber dari Sahabat Bekantan Indonesia yaitu Ibu Amelia, M.Pd. Sebelum melakukan penanaman pohon rambai, Kegiatan yang pertama dilakukan adalah Penandatanganan MoU sebagai tanda kerjasama Program Studi Pendidikan IPA dengan Sahabat Bekantan Indonesia. Setelah penandatanganan selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara Ketua Prodi IPA dan Sahabat Bekantan. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan menuju pulau penanaman pohon rambai.

Gambar 2. Foto bersama dengan Sahabat Bekantan Indonesia

Perjalanan menuju pulau konservasi bekantan menggunakan alat transportasi air yang disebut “klotok” dengan berjumlah 4 buah klotok. Perjalanan ini dimulai dari dermaga di bawah jembatan Barito. Sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan dan sekelompok bekantan yang sedang santai dipohon rambai. Setelah sampai dipulau konservasi bekatan, para mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan IPA langsung terjun ke tempat penanaman pohon untuk menanam pohon rambai yang berjumlah 50 bibit pohon. Selesainya penanaman pohon rambai ditutup dengan sesi poto bersama di air.

Gambar 3. Foto kegiatan menanam pohon rambai

Setelah hari mulai beranjak siang dan penanaman pohon rambai telah selesai, kami kembali ke dermaga dan melakukan penutupan kegiatan EOS bulan ini.

See you next program !!!!

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.