“How to Write Scientific Paper”

Eyes Of Science Education

Sabtu, 18 Maret 2017

Kegiatan Eyes Of Science Education kali ketiga yang dilakasanakan pada 18 maret 2017, membahas tentang “How to Write Scientific Paper” ??? hayoooo…. mungkin kalian yang belum pernah menuliskan ini.. pasti bingungkan guys? kalian pasti bertanya apa itu Scientific Paper? apa maksud maupun fungsi dari Scientific Paper untuk mahasiswa?

Kegiatan yang dilasanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sains (HIMASA) ini, merupakan permohonan dari mahasiswa yang masih mengalami kebingungan dalam mengerjakan tugas karya tulis ilmiah, baik bagaimana cara memulainya, menentukan judul maupun pengumpulan infromasi ilmiah, hingga finishing penulisan suatu karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah. Sehingga, menurut Andre mahasiswa angkatan 2015 yang menjadi ketua pelaksana kegiatan Eyes Of Science Education (EOSE) sendiri merasa sangat perlu untuk mengangkat tema “How to Write Scientific Paper” ini menjadi salah satu tema pertemuan rutin setiap bulan. Selain mahasiswa mendapat informasi dari narasumber, mereka juga berdiskusi sesama mahasiswa maupun narasumber.

Narasumber kali ini berasal dari Prodi IPA sendiri yaitu, Bapak Arif Sholahuddin, M. Si yang merupakan Ketua Prodi Pendidikan IPA dan Bapak Syubhan Annur, M. Pd yang menjadi Sekretaris Prodi Pendidikan IPA. menurut Bapak Arif sebenarnya untuk penulisan karnya ilmiah harus mengunakan rujukan dalam penulisan karya ilmiah yang memenuhi 3 syarat utama yuaitu (1) Kebaruan (recency) (2) Relevan (Relevancy), (3) Originalitiy (steate of the art).  Pada kesempatan yang sama sebagai narasumber tambahan Bapak Syubhan juga menyampaikan kisi-kisi dalam penulisan karya ilmiah yaitu penulisan dari latar belakang masalah harus runut (seperti piramida terbalik), pada identifikasi masalah merupakan menyebutkan satu-satu masalah yang ada pada latar belakang serta harus di batasi serta pengutipan harus sesuai dengan APA style.

 

By: Rasia

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.