MEMAKSIMALKAN PRESTASI, MASALAH DAN SOLUSI

Acara EOS kali ini bertemakan tentang memaksimalkan prestasi, masalah dan solusinya. Acara ini merupakan  kegiatan terakhir di semester awal tahun ajaran 2016. Ada hal yang berbeda pada acara kali ini yakni adanya 3 narasumber yang didatangkan diantaranya Bapak Syubhan Annur M.Pd , Ibu Rizky Febriyani Putri M.Pd dan Bapak  M. Fuad Sya’ban.

Bagaimana cara memaksimalkan prestasi, masalah dan solusinya ? Yuk simak dengan seksama !!!

Apakah Anda merasa waktu berlalu sangat cepat?

Bagaimanakah cara memaksimalkan potensi diri setiap harinya?

Anda dapat mencapai titik maksimal potensi diri Anda setiap hari. Jika Anda ingin memaksimalkan potensi Anda setiap hari, Anda harus mulai merencanakan.

 

Langkah apa saja yang harus direncanakan :

  1. Berfokus Pada Tujuan Akhir

Karena Anda hidup dalam masyarakat yang dipenuhi banyak gangguan, Anda dapat dengan mudah terjembab pada banyaknya tekanan stres dan frustasi dalam hidup. Berfokuslah pada tujuan akhir. Dengan banyaknya gangguan, sangat penting berfokus pada apa yang Anda inginkan. Saat Anda ingin memaksimalkan potensi Anda setiap hari, sangat penting untuk mengetahui bagaimanakah tujuan akhir Anda.

  1. Merencanakan

Merencanakan bagaimana Anda menghabiskan waktu setiap harinya adalah kunci untuk memaksimalkan potensi diri Anda. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan memiliki tujuan hidup. Memaksimalkan potensi setiap harinya, yaitu dengan cara merencanakan hari Anda, yang bersinggungan dengan hal yang penting dalam hidup Anda. berfokuslah kepada hal yang penting dalam hidup Anda. Saat Anda dapat mensejajarkan rencana hidup dengan hal penting dalam hidup, Anda akan mampu memaksimalkan potensi diri setiap harinya.

  1. Manajemen Waktu

Perencanaan dan manajemen waktu yang baik adalah kombinasi untuk mencapai potensi tertinggi Anda. saat Anda mampu merencanakan hari Anda, tidak hanya Anda mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, tetapi juga memiliki waktu yang lebih untuk menikmati hal yang Anda sukai.

  1. Sikap Positif

Anda harus memiliki sikap positif. Saat Anda memiliki sikap negatif, Anda akan mulai menganggap bahwa diri Anda dan hidup Anda sendiri itu negatif. Anda tidak dapat memaksimalkan potensi diri jika Anda bersikap negatif. Agar Anda dapat produktif, Anda harus bersikap positif, agar Anda mampu tetap fokus pada apa yang harus Anda selesaikan setiap harinya.

  1. Memiliki Tujuan

Anda harus memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tuliskan semua apa yang ingin Anda capai sekarang dan dimasa akan datang. Kembali lagi ke perencanaan. Buatlah deadline untuk tujuan Anda. Lakukan perencanaan agar Anda dapat melangkah menuju tujuan Anda setiap harinya.

Kemudian, Masalah. Masalah adalah suatu keadaan yang tidak diharapkan oleh kita sebagai penyimpangan kecil dalam bidang kehidupan yang kita alami. Permasalahan yang timbul akibat adanya berbagai faktor yakni faktor internal dan faktoe eksternal. Ruang lingkup masalah di dunia pendidikan sangat beragam baik itu mikro maupun makro, seperti halnya dalam proses belajar mengajar. Masalah atau problem dalam pembelajaran sangatlah mungkin, dan ini bisa disebabkan beberapa faktor, bisa dari peserta didik sendiri atau dari pengajar (guru).

Kita mungkin merasa sering mengalami “kesulitan belajar”. Kesulitan belajar termasuk kegiatan diagnosa. Perlunya melakukan diagnosis belajar karena berbagai hal. Pertama, setiap siswa hendaknya mendapat kesempatan dan pelayanan untuk berkembang secara maksimal. Kedua, adanya perbedaan kemampuan, kecerdasan, bakat, minat dan latar belakang lingkungan masing-masing siswa. Ketiga, sistem pengajaran di sekolah seharusnya memberi kesempatan pada siswa untuk maju sesuai dengan kemampuannya. Dan, keempat, untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh siswa, hendaknya guru beserta BP lebih intensif dalam menangani siswa dengan menambah pengetahuan, sikap yang terbuka dan mengasah ketrampilan dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa.

Berdasarkan pemaparan yang telah dipaparkan oleh narasumber diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Pendidikan IPA dalam memaksimalkan prestasi akademik maupun non akademik serta dapat mencari solusi mengenai masalah yang sering terjadi pada dirinya. Setelah melalui proses penjelasan dan tanya jawab yang cukup panjang dari beberapa narasumber maka berakhir lah pula acara tersebut. Tak lupa dilakukannya sesi foto dan pemberian kenang-kenangan serta Proses penutupan Kegiatan EOS pada Tahun ajaran 2015/2016 yang menandakan berakhirnya kegiatan EOS pada tahun tersebut.

 

Sampai jumpa di EOS tahun selanjutnya !!

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.