Go Green Dengan Pupuk Kompos

Pada Tanggal 29 April 2016 dilakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan prodi Pendidikan IPA di SDN pasar Lama 1. kedua belah pihak saling terkait satu sama lain. SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin akan menjadi Sekolah Adiwiyata, Sekolah yang berbasis kepada keramahan lingkungan yang menjadi prasarat utama. SDN Pasar Lama 1 melalui ibu guru pembina meminta kepada pihak prodi Pendidikan IPA untuk membimbing dan memberikan penyuluhan kepada para pecinta lingkungan cilik dalam proses pembuatan pupuk kompos.

Pihak prodi Pendidikan IPA yang baru saja didirikan melihat peluang-peluang kerjasama tidak hanya dengan pihak sekolah menengah, tetapi juga terkait dengan pihak manapun yang mau dan mampu bekerja sama dalam bidang pendidikan terutama, bersama-sama maju dan mengembangkan potensi pendidikan pada setiap institusi maupun daerah tertentu. Melihat peluang kerja sama yang diulurkan oleh pihak SDN 1 pasar lama, maka pihak prodi menyambut dengan baik proses kemitraan dalam pembinaan siswa pecinta lingkungan yang pada kali ini dibimbing dalam pembuatan pupuk bokashi atau pupuk kompos.

Para siswa tampak antusias dalam mengikuti pengarahan dan praktek dalam pembuatan pupuk bokashi, tampak Bpk. Muhyar, M.Si memperagakan langkah pembuatan bokashi, tidak lupa Bpk. Maulana, M.Sc juga memperhatikan dengan seksama pada proses pembuatan pupuk dengan menggunakan starter EM4. Hadir pula pada kegiatan ini, ketua prodi Pendidikan IPA, Bpk. Arif Sholahuddin, M.Si, Bu. Mella, M.Pd, Bu Ellyna, M.Pd dan M.Fuat Sya\’ban serta para pecinta lingkungan cilik.

Pupuk Bokashi yang dibuat dari serasah daun yang telah dipotong kecil serta bahan organik lainnya, kemudian didiamkan selama 3 minggu. setelah masa 3 minggu maka pupuk pun akan siap untuk digunakan.

 

 

 

 

 

 

M.F.S

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.