Pengabdian Masyarakat Prodi. Pendidikan IPA , MIKROSKOP

Mikroskop merupakan alat penting dalam suatu pembelajaran IPA di sekolah/madrasah. Pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum, eksperimen tidak jarang menggunakan mikroskop pada saat proses pembelajarannya. Juga pada mata pelajaran IPA dengan sub materi biologi sel, pengamatan mikroskopik diperlukan alat untuk melihat ukuran yang sangat kecil. Walaupun kaca pembesar dapat dipergunakan namun tidak dapat dinafikan bahwa mikroskop mengalahkan perbesaran kasa pembesar dalam hal pengamatan.

Mata pelajaran IPA identik dengan pengamatan. Pengamatan merupakan salah satu dari kemampuan ilmiah yang harus dimilliki oleh siswa. Sehingga di SMP/MTs pada kelas VII dasar-dasar pengamatan sudah diperkenalkan dan diajarkan. Selanjutnya materi yang dibelajarkan adalah mengenai mikroskop secara umum, baik berupa kegunaan maupun sejarah penemuan mikroskop serta kemampuan mikroskop untuk membantu pengamatan benda-benda dengan ukuran mikro. Begitu pentingnya mikroskop di dalam pembelajaran IPA maka SMP/MTs sudah memiliki mikroskop yang memadai untuk dipergunakan saat praktikum maupun pembelajaran.

Pada tanggal 29 Mei 2016, prodi. Pendidikan IPA mengadakan pengabdian Masyarakat bertemakan penggunaan, perawatan dan pemeliharaan Mikroskop. Acara yang diikuti dengan antusiasme tinggi para peserta menghadirkan keceiaan dan keseriusan dalam membongkar dan merawat mikroskop. Diharapkan acara ini akan rutin di adakan dan menjadi agenda tahunan pengabdian masyarakat prodi pendidikan IPA. Hadir bpk Drs. H.M. Kusasi, M.Pd sebagai anggota dari pengabdian yang diketuai oleh Bpk Maya Istyadji, M.Pd, dan hadir pula ketua prodi Pendidikan IPA Bpk Arif Sholahuddi, S.Pd, M.Si yang menyampaikan sambutan bahwa ilmu yang dimiliki oleh para pendidik sudahlah terasa banyak, namun pemanfaaan ilmu tadi sehingga memberikan dampak yang luas walaupun hanya sekedar membersihkan mikroskop itulah yang akan membuat perbedaan besar dengan orang yang tidak mengamalkan ilmunya.

 

 

M.F.S

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.