Pelatihan PKM Dan Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan IPA

Pendidikan IPA (S1) FKIP Unlam adalah program yang baru 2 tahun di buka. Masih sangat muda dalam “usia” namun tidak menyurutkan semangat pendidik dan tenaga kependidikan serta mahasiswa (S1) untuk terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembanan zaman, juga tidak berpangku dan bermanja diri menunggu, “tidak”. Prodi S1 IPA harus terus berlari agar dapat mengejar prodi-prodi yang terlebih dahulu eksis di FKIP UNLAM Banjarmasin agar daapt berkompetisi dengan baik. Salah satu ajang bergengsi adalah ajang dimana para mahasiswa berkompetisi mengembangkan kreatifitas menerapkan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkulihan, mendorong kemampuan di luar batas-batas kewajaran standar mahasiswa, berpikir “unik”, “khas” dalam kompetisi ini. Kompetisi itu yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa.

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ini diprakarsai oleh Kemenristek Dikti dengan pelaksananya adalah PTS/PTN di seluruh Indonesia. PKM sebagai ajang untuk menggali potensi para mahasiswa dalam mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. PKM yang dulunya bernama program kreatif alternatif mahasiswa pada 1997, kemudian berganti nama menjadi program kreatifitas mahasiswa pada tahun 2001 s/d sekarang. PKM memiliki tujuh bidang program yaitu:

PKM Penelitian (PKMP),
PKM Kewirausahaan (PKMK),
PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM),
PKM Penerapan Teknologi (PKMT),
PKM Karsa Cipta (PKMKC)
PKM Gagasan tertulis (PKM GT),
PKM Artikel ilmiah (PKM AI)

Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam pekan ilmiah nasional (PIMNAS). Walaupun prodi S1 IPA baru dalam keberadaaanya di lingkungan civitas UNLAM tidak ingin ketinggalan dalam ajang PKM yang diselenggarakan UNLAM maka sebelum menuju PKM para mahasiswa S1 Pend. IPA akan dibekali pengetahuan mengenai PKM dalam ajang seminar PKM yang akan dilaksanakan oleh prodi Pend. IPA yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2016. Diharapakan mahasiswa S1 prodi pend. IPA turut aktif dan berkontribusi dengan baik dalam acara tersebut, sehingga pada akhirnya dari mahasiswa kelak akan memunculkan program kreatifitas yang mampu bersaing dan dapat lolos dalam seleksi yang akan diadakan pihak rektorat UNLAM.

Prodi Pendidikan IPA mendatangkan narasumber yaitu Bpk. Dr. Eko Suhartono, M.Si dan Bpk. Noer Komari, M.Si. Kedua narasumber ini memberikan materi yang berbeda. Bpk. Eko memberikan materi terkait pengajuan proposal PKM, jenis PKM dan pendanaan PKM. Bpk eko mengatakan bahwa para PKM adalah ide mahasiswa yang dituangkan ke dalam bentuk proposal PKM, ide tersebut haruslah kreatif dan inovatif sehingga dapat bersaing dalam kompetisi. Menjadi mahasiswa tidak hanya melulu kampus, kos, dan kuliah, tetapi juga berusaha meningkatkan kemampuan diri, ajang untuk meningkatkan kemampuan diri adalah dengan mengikuti PKM. sedangkan Bpk. Komari yang merupakan pengelola divisi kewirausahaan ULM mengatakan mahasiswa jangan hanya terfokus pada keinginan untuk menjadi PNS, tetapi juga harus berpikir dan bervisi jauh kedepan, karena tidak hanya PNS yang dapat menjadi sumber penghasilan tetapi juga melallui berwirausaha sebagai sumber penghasilan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Mahasiswa juga harus menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri terlebih bagi orang lain di sekitarnya ucap Bpk yang merupakan penggagas SD IT pertama di Kal-Sel Ini, sekarang Bpk. Komari merupakan Ketua Yayasan SD IT Rabbani di daerah Mentaos Banjarbaru.

Para Mahasiswa yang sudah mengikuti materi yang di sampaikan oleh kedua narasumber kemudian saling berdiskusi dalam kelompok yang sudah di bagi oleh bu Ellyna, untuk mendiskusikan gagasan PKM yang akan dikerjakan dengan menyertakan dosesn-dosen pendidikan IPA sebagai pendampingnya. setelah berdiskusi Mahasiswa menyampaikan hasil diskusinya sehingga dapat diberikan tanggapan yang membangun sebagai masukan pada gagasan yang disampaikan. mahasiswa yang ikut pada pelatihan PKM dan Kewirausahaan ini, juga berkewajiban untuk menularkan ilmu dan pengalamannya ini keapda teman sekelasnya. agar makin banyak ide dan gagasan yang akan dituangkan di dalam proposal PKM. semoga gagasan dan ide bukan hanya sekedar angan-angan tetapi dapat direalisasikan di dalam bentuk proposal PKM, harapan ini di ujarkan oleh ketua program Studi Pendidikan IPA Bpk. Arif Sholahuddin, M.Si sehingga prodi IPA sekali lagi dapat menjadi panutan bagi prodi-prodi lain di FKIP.

Ada beberapa judul yang muncul pada pelatihan PKM dan Kewirausahaan ini, diantaranya:

1. Petugas Sampah Online

2. Bengkel Online

3. Briket Buah Ketapang

4. Wc Lanting ramah lingkungan

judul-judul yang menginspirasi, semoga bisa direalisasikan, dan dapat didanai sehingga kegiatan akan terus berlanjut.

 

Berita terkait dengan PKM bisa di akses melalui http://simlitabmas.dikti.go.id/

 

penulis. MFS

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.