MoU Prodi IPA dan MGMP IPA

    Program Studi Pendidikan IPA pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM sedang berkembang ke arah yang baik, untuk mewujudkan visi prodi IPA menjadi salah satu lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia yang menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang pendidikan IPA terpadu yang  memiliki kepribadian dan sikap ilmiah yang kuat, professional dan berdaya saing tinggi maka peningkatan layanan dan fasilitas harus terus di jalankan secara postif dan terarah dengan baik. Salah satunya dengan mewujudkan tujuan prodi yaitu “Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA, baik di tingkat daerah maupun nasional” dan “Melaksanakan kerjasama dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan swasta baik tingkat daerah, nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan lembaga dan pendidikan IPA” maka pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2016 akan dilaksanakan penandatanganan kerjasama kemitraan (MoU) antara program studi pendidikan IPA dengan tiga MGMP IPA di Kal-Sel yaitu MGMP IPA Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Kerja sama ini akan menandai dan menjadi awal dalam pembenahan pendidikan IPA khususnya di Kalimantan Selatan ke arah yang baik.

Harapan bahwa kerja sama yang baik ini membawa “angin segar” bagi perkembangan IPA di Kalimantan Selatan, karena adanya prodi IPA yang dapat menjadi pembimbing bagi para guru-guru IPA di Kalimantan Selatan dalam proses pengembangan pembelajaran IPA. Kemudian juga dapat menjadi “ladang” dalam melakukan pengabdian, penelitian serta praktek pengalaman lapangan yang nyata  bagi para pendidik IPA maupun mahasiswa S1 Prodi Pendidikan IPA. Semoga kerja sama diantara prodi IPA dan MGMP IPA menjadi kerja sama yang saling menguntungkan juga menjadi acuan bagi prodi lain untuk teru berkembang dan melakukan inovasi dalam pengembangan prodi. Cita-cita ketua prodi Bapak Arif Sholahuddin, S.Pd, M.Si adalah menjadikan FKIP khususnya Prodi IPA menjadi sumber acuan dan rujukan wahana pembelajaran dan penelitian pada ranah pendidikan IPA.

Pada hari kamis tanggal 17 Maret 2016 sudah di sepakati kesepakatan kerjasama antara prodi pendidikan IPA dengan MGMP IPA kabupaten Banjar, dan kota Banjarmasin, sedangkan kota Banjarbaru akan menyusul pada kesempatan lain. Pada saat penandatangan oleh Prof. Wahyu, M.S dan Bapak Ketua Prodi Pendidikan IPA Arif Sholahuddin, S,Pd, M.Si, hadir perwakilan dari dinas pendidikan kab. Banjar dan kota Banjarmasin serta hadir pula perwakilan guru-guru anggota MGMP IPA kab. Banjar dan Kota Banjarmasin. Selain itu acara ini dihadiri oleh dosen-dosen prodi IPA serta perwakilan mahasiswa prodi Pendidikan IPA. setelah acara penandatangan selesai, maka diadakan pertemuan kecil antara perwakilan MGMP IPA Kab. Banjar dan Kota Banjarmasin.

Pertemuan kecil antara pihak prodi dan pihak MGMP IPA ini berisikan tanya jawab sederhana mengenai permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru yang berada di pelosok. Pihak prodi merespon dengan bijak dan menampung beberapa pertanyaan serta usul yang diajukan oleh para guru-guru dari pihak MGMP IPA. Menjawab pernyataan dari pihak guru mengenai para lulusan mahasiswa yang meneliti dalam keadaan “normal” di kelas bukan di kelas seperti kenyataannya yang berada di pelosok, Bapak Arif selaku ketua Prodi IPA menginginkan bahwa adanya suatu penelitian yang khas dan unik berkenaan dengan keadaan atau masalah yang hanya ditemukan di daerah pelosok, sehingga hasil penelitian yang dilakukan menjadi tiada duanya karena hanya berlaku di daerah yang diteliti, dan hal itu merupakan kekhasan dan keunikan yang akan menambah keberagaman penelitian dalam dunia pendidikan.

 

 

 

 

 

Penulis: MFS

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.