PTK itu MUDAH !!!! Tanya Kenapa ?

MGMP IPA adalah wadah yang dibentuk sebagai organisasi yang mewadahi padar guru dalam usahanya untuk berkembang, berkreatifitas, maju dan selalu berinovasi. Guru-guru saling bertukar pendapat dan berbagi ilmu satu sama lain sebagai tambahan kompetensi profesi. MGMP IPA kota Banjarmasin merupakan wadah perkumpulan bagi guru-guru IPA SMP Negeri se-Kota Banjarmasin untuk terus mewujudkan tujuan peningkatan kompetensi guru baik kompetensi profesi dan pedagogy.

Perwujudan dari kompetensi pedagogy adalah proses pembelajaran di dalam kelas. Tidak jarang guru-guru meningkatkan dan mengembangkan cara pengajarannya dengan melakukan suatu penelitian terhadap kelasnya sendiri, karena yang mengetahui bagaimana “iklim” suatu kelas pada materi tertentu adalah guru itu sendiri. Banyak macam penelitian yang dapat dilaksanakan oleh guru salah satunya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ada karena adanya kegundahan dan kemauan seorang guru dalam pengelolaan kelas, bagaimana merubah suatu strategi, pendekatan, model pembelajaran untuk peningkatan proses pembelajaran di kelas. Untuk itu seorang guru harus mampu dalam melakukan penelitian ini, begitupun yang diarasakan oleh para guru yang tergabung di dalam MGMP IPA se-Kota Banjarmasin.

Guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPA se-Kota Banjarmasin, merasakan bahwa PTK sangat diperlukan oleh guru dalam peningkatan kompetensi serta sebagai usaha nyata dalam proses peningkatan proses belajar mengajar di kelas pada materi IPA. Karena PTK dianggap penting maka MGMP IPA se-Kota Banjarmasin rutin melaksanakan pertemuan pada setiap hari Sabtu, yang membahas mengenai Penelitian Tindakan Kelas dengan bimbingan dari Bapak Arif Sholahuddin, S.Pd, M.Si.

Menurut  Bapak Arif selaku ketua Prodi Pendidikan IPA PTK itu penelitian sederhana yang dapat dilaksanakan oleh para guru-guru dengan syarat tekun, rajin berusaha. PTK tidak se”ribet” jenis penelitian lainnnya, karena itu pembimbingan akan terus dilaksanakan dan dipantau supaya proses pembuatan dan pelaksanaan PTK dapat terarah. Maka mari para guru untuk mau memulai merancang dan menulis proposal PTK dengan mengangkat permasalahan di kelas yang ditemui saat proses pembelajaran. Sehingga nantinya setelah proposal jadi ditindaklanjuti dengan proses penelitian di sekolah. Kata kuncinya ialah PTK itu Mudah dan Sederhana asal ada kemauan dan usaha yang jelas dari para guru.

 

Penulis: MFS

Blog Attachment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.